3 D KEASLIAN DINAR

 

ASLI atau PALSU Dinar Irak yang Anda beli ?

# ASLI atau PALSU Dinar Irak yang Anda beli ? #

Untuk membedakan uang asli dan uang yang palsu tentu kita harus mengetahui terlebih dahulu ciri-ciri
atau karakteristik dari uang Asli itu sendiri sehingga kita dapat membedakannya dengan uang Palsu.
Uang Rupiah sendiri dikenal dengan istilah 3D (Dilihat, Diraba, Diterawang) dan di Bank-bank maupun
Money Changer dan toko-toko banyak yang sudah dilengkapi dengan Money Detector berupa alat elektronik
menyerupai lampu neon yang akan memancarkan Sinar Ultraviolet.
Uang kertas Dinar ini juga dapat diperiksa keasliannya dengan menggunakan Sinar Ultraviolet tersebut
mulai pecahan kertas 50 Dinar hingga yang terbesar 25.000 Dinar,
dengan Sinar Ultraviolet tulisan/gambar tersembunyi tersebut akan terlihat dengan jelas.
untuk lebih lengkapnya berikut tanda-tanda uang Dinar Irak yang asli.

 

Dinar Irak Pecahan 25.000CARA MENGETAHUI KEASLIAN DINAR IRAK

 

  1. Horse head watermark, Langkah mudah untuk mengetahui keaslian Dinar Irak adalah, pegang lalu arahkan Dinar pada tempat yang terang. Periksa bahwa gambar kepala kuda atau Horse Head Watermark harus jelas nampak, karena pattern itu ditanam dan bukan dicetak di atas kertas. (semua note kertas 50 s/d 25.000 Dinar)
  2. Ultraviolet Writing, Untuk mengetahui tulisan ultraviolet Dinar Irak ini, haruslah menggunakan sinar ultraviolet (dijual di toko-toko sparepart elektronik, di Bandung ada di Jaya Plaza atau Cikapundung). Arahkan sinar UV ke huruf-huruf yang samar pada Dinar Irak tersebut, lalu periksa apakah tulisan/gambar kelihatan dengan jelas pada bagian belakang/tulisan arab. Tulisan yang terlihat harus sesuai dengan nominal uang kertas tersebut. (semua note)
  3. Color Changing Symbol, disebelah bawah pojok kiri, 8 bagian simbolnya haruslah mempunyai warna yang bisa berubah-ubah dari ungu ke hijau jika dilihat dari sisi yang lain. (note 10.000 dan 25.000)
  4. Bau Uang, Langkah mudah untuk mengetahui keaslian Dinar adalah dengan mencium uangnya. Anda akan mendapatkan bau uang baru yang sangat khas. (semua note)
  5. Metallic Ink, Gambar merpati pada dinar tersebut dicetak dengan warna tinta metalic, yaitu tepatnya di atas kiri pojok bagian belakang/tulisan arab. (khusus note 25.000)
  6. Security Thread, Disitu haruslah ada benang pengaman berwarna metalic yang tertanam di dalam bahan kertasnya. (khusus note 25.000)
  7. Unique Serial Number, setiap mata uang Dinar ditandai dengan serial number yang unik dalam tulisan angka-angka Arab Timur. Perhatikan pengangkaanya ke dalam pengangkaan Arab umum, sangat mirip. (semua note)
  8. Permukaan yang Kasar, ciri terakhir ialah dengan meraba permukaan uang kertas Dinar maka akan terasa kasar seperti huruf timbul, pada tulisan tertentu. (semua note)

Liked it here?
Why not try sites on the blogroll...

%d blogger menyukai ini: